Pengaruh model project based learning berbantu media pop up book pada materi jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024
Nafiah, Khelimatun (2024) Pengaruh model project based learning berbantu media pop up book pada materi jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096092_KHELIMATUN_NAFIAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096092_Khelimatun Nafiah_Full Skripsi - KHELIMATUN NAFIAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan model project based learning berbantu media pop up book pada materi jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilatarbelakangi dengan adanya perombakan guru menjadikan siswa kelas V tidak menggunakan sebuah media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa materi jaring-jaring bangun ruang kelas V melalui sebuah media pop up book.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental tipe pretest_posttest control group design. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa diantaranya 36 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 34 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh pengaruh sebesar 47,8% pada penggunaan model project based learning berbantu media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa dan 52,2% dinyatakan mendapat pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning; Media Pop Up Book; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26660 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year