Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun ruang siswa kelas V MI Baitul Huda Semarang tahun ajaran 2023/2024

Novita, Kharisma Sheilla (2024) Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun ruang siswa kelas V MI Baitul Huda Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003096091_KHARISMA_SHEILA_NOVITA] Text (SKRIPSI_2003096091_KHARISMA_SHEILA_NOVITA)
2003096091_Kharisma Sheilla Novita_Full Skripsi - Kharisma Sheilla Novita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika yang cenderung rendah. Rendahnya prestasi belajar diketahui karena adanya perbedaan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan variasi gaya belajar dalam memahami materi bangun ruang. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun ruang siswa kelas V MI Baitul Huda Semarang tahun ajaran 2023/2024?”. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental semu dan desain faktorial 3×3. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VA dan VB MI Baitul Huda Semarang yang berjumlah 45 siswa, peneliti mengambil sampel sebanyak 40 siswa dengan teknik purposive sample. Setelah proses pengambilan data dan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar yang signifikan. Sedangkan tiga jenis gaya belajar tidak mempunyai perbedaan rerata yang signifikan pada prestasi belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para guru dalam menerapkan pembelajaran yang efektif sehingga pemahaman konsep matematis siswa dan prestasi belajar dapat optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis; Prestasi; dan Gaya Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:40
Last Modified: 17 Jun 2025 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics