Nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku 3 Hari Bangun Masjid karya Nanang Syaifurrozi

Hapsari, Sriwahyuni Luthfi (2024) Nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku 3 Hari Bangun Masjid karya Nanang Syaifurrozi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016114_Sriwahyuni_Luthfi_Hapsari] Text (Skripsi_2003016114_Sriwahyuni_Luthfi_Hapsari)
Skripsi_2003016114_Sriwahyuni_Luthfi_Hapsari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam membangun manusia menjadi lebih baik, berkualitas, dan berkarakter. Dalam proses pendidikan, penanaman nilai menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu nilai yang harus ditransmisikan dalam pendidikan adalah nilai religius.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan karakter religius yang ada di dalam buku 3 Hari Bangun Masjid karya Nanang Syaifurrozi dan kelebihan serta kekurangan konsep nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode pendekatan content analysis sebagai metode yang mengkaji konsep nilai religius yang terdapat di dalam buku 3 Hari Bangun Masjid dan metode wawancara langsung kepada penulis Nanang Syaifurrozi sebagai sumber utama. Sementara sumber sekunder diambil dari buku, artikel, jurnal, dan data-data pendukung yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama konsep nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku 3 Hari Bangun Masjid tersebut memiliki dua bentuk, yaitu nilai Ilāhiyah dan Insaniyah. Nilai Ilāhiyah meliputi iman, Islam, ihsan, takwa, tawakal, ikhlas, syukur, serta sabar. Sedangkan nilai Insaniyah meliputi kasih sayang, persaudaraan, semua manusia dipandang sama, berprasangka baik, rendah hati, lapang dada, dapat dipercaya, serta dermawan. Kedua, kelebihan dalam buku tersebut yaitu menggunakan strategi pendidikan karakter yang meliputi moral knowing (pengetahuan moral) dan moral feeling (perasaan moral) serta metode pembelajaran yang digunakan dalam buku tersebut yaitu menggunakan metode induktif. Kekurangan dalam buku yaitu strategi pendidikan karakter belum sampai pada tahap moral doing (perilaku moral) serta metode pembelajaran lainnya seperti metode deduktif dan problem solving tidak digunakan dalam buku tersebut.
Hasil penelitian memberikan saran bahwa dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik, guru dapat menggunakan sumber dari buku bacaan untuk menambah wawasan dan referensi dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu buku 3 Hari Bangun Masjid karya Nanang Syafurrozi yang memiliki konsep nilai- nilai pendidikan karakter religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan; Karakter religius; 3 Hari Bangun Masjid; Nanang Syaifurrozi.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jun 2025 05:38
Last Modified: 17 Jun 2025 05:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics