Analisis kesiapan dan kendala guru kelas 1 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MIN Kota Semarang
NiMah, Fitrotun (2024) Analisis kesiapan dan kendala guru kelas 1 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MIN Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of 2003096033_Fitrotun Ni_mah_Skripsi Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096033_Fitrotun Ni_mah_Skripsi Lengkap - Fitroh Nikmah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. penelitian deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan dan kendala guru kelas 1 dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka di MIN Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas 1 di MIN Kota semarang yang berjumlah 4 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua yang menjadi anggota populasi yaitu seluruh guru kelas 1 di MIN Kota Semarang. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) pemahaman kurikulum merdeka dengan rata-rata 2,92 dan persentase 292% dalam kategori baik, (2) kesiapan menyusun rencana pembelajaran dengan rata-rata 3,00 dan persentase 300% dalam kategori baik, 3) kesiapan melakukan proses pembelajaran dengan rata-rata 3,00 dan persentase 300% dalam katgori baik, dan 4) kesiapan melakukan penilaian dengan rata-rata 3,00 dan persentase 300% dalam kategori baik. Kendala yang dialami guru 1. Kendala dalam menyusun rencana pembelajaran diantaranya kurangnya pelatihan dalam menyusun modul ajar 2. Kendala guru dalam proses pembelajaran yaitu kesulitan menentukan media dan metode yang sesuai dengan materi 3. Kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran yaitu sebagian besar guru tidak mengalami kendala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Kurikulum merdeka |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 06:52 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 06:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26671 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year