Pengembangan pop-up book berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Semarang

Muminah, Luul (2024) Pengembangan pop-up book berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096045_Lu_ul Mu_minah_Skripsi Full] Text (Skripsi_2003096045_Lu_ul Mu_minah_Skripsi Full)
2003096045_Lu_ul Mu_minah_Skripsi Full - pecelele picture 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep dan kesulitan belajar pada pembelajaran IPA muatan materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunan Pop-Up book berbasis komik dinyatakan valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan daya tarik peserta didik akan mengikuti pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep terhadap materi sistem pencernaan manusia. Dimana pada validator ahli memperoleh score rata - rata presentase 93% dengan kategori “Sangat Valid”. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase rata-rata sebesar 97,22% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba lebih luas memperoleh 86% dengan kategori “ Sangat Layak”. Hasil penilaian menunjukkan bahwa nilai pre-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,33 nilai post-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,33. Rata-rata hasil dari N-gain adalah 0,69 kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap media Pop-Up book berbasis komik sangat baik sehingga dapat menarik partisipasi peserta didik dalam mempelajari materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pop-up book; Komik; Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:31
Last Modified: 17 Jun 2025 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26676

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics