Pengaruh penggunaan media papan diagram pada materi pengolahan data terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V MIS Ma’arif Al – Islam Kaliabu

Oktavia, Dina Safira (2024) Pengaruh penggunaan media papan diagram pada materi pengolahan data terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V MIS Ma’arif Al – Islam Kaliabu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096048_Dina Safira Oktavia_Full] Text (Skripsi_2003096048_Dina Safira Oktavia_Full)
2003096048_Dina Safira Oktavia_Full Skripsi - DINA SAFIRA OKTAVIA UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain control group design pretest pottest untuk mengukur pengaruh penggunaan media papan diagram pada materi pengolahan data terhadap kemampuan pemecahan masalah. Peserta penelitian ini adalah 32 siswa kelas V MIS Ma’arif Al-Islam Kaliabu, yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa di kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan media papan diagram, sedangkan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran menggunakan tanpa media papan diagram. Hasil uji kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan nilai rata-rata pada pretest adalah 42,50 untuk kelompok kontrol dan 46,75 untuk kelompok eksperimen. Adapun nilai rata-rata siswa pada posttest adalah 74,50 untuk kelompok kontrol dan 90,06 untuk kelompok eksperimen. Hasil uji t pada data pretest menunjukkan bahwa nilai kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan, sedangkan data posttest berbeda secara signifikan dengan nilai thitung = 7,340 > ttabel 2,042. Selanjutnya, hasil uji n-gain menunjukkan pada kelompok eksperimen yaitu 0,82 termasuk kategori tinggi dengan presentase uji n-gain sebesar 82,38% yang kategori efektif sedangkan, pada kelompok kontrol yaitu 0,54 termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 54,73% yang kategori kurang efektif. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan media papan diagram secara efektif mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya materi pengolahan data.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Papan diagram; Pengolahan data
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:41
Last Modified: 17 Jun 2025 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics