Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemahaman materi sistem pencernaan manusia kelas 5 MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang
Afifa, Erlina Laily Nur (2024) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemahaman materi sistem pencernaan manusia kelas 5 MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096072_ERLINA_LAILY_NUR_AFIFA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096072_Erlina Laily Nur Afifa_Full_Skripsi - Erlina Laily.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemahaman materi sistem pencernaan manusia kelas 5 MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang dengan kemampuan pemahaman yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) tanpa berbantuan media puzzle. Populasi penelitian ini adalah kelas 5 MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, menggunakan kelas eksperimen dan kontrol dengan uji posttest. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman peserta didik menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle pada materi sistem pencernaan manusia. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefesien determinasi yaitu bahwa nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,644. Dari output tersebut diperoleh koefesien determinasi (R square) sebesar 0,415. Koefesien determinasi 0,415 x 100% = 41,5% berarti bahwa tingkat pengaruh sedang yang artinya dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Time Games Tournament (TGT) berbantuan media puzzle berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman pada materi sistem pencernaan manusia kelas 5 MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; model Time Games Tournament; media puzzle; kemampuan pemahaman |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:59 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26693 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year