Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media papin terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang tahun 2024
Fitriyani, Endah Dwi (2024) Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media papin terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang tahun 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096067_ENDAH_DWI_FITRIYANI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096067_Endah Dwi Fitriyani_Tugas Akhir - ENDAH DWI FITRIYANI UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadikan manusia menjadi malas dan mental generasi muda yang mudah bosan karena efek serba ‘instanisasi’ dan ‘otomatisasi’. Dengan media PAPIN yang berbentuk nyata mendorong siswa untuk dapat mengembangkan ide-ide yang mereka miliki untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media PAPIN terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang Tahun 2024. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, dengan desain One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (Paired Sample t-test) dan uji korelasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MI Miftahus Sibyan Tugurego Semarang diperoleh data akhir yaitu rata-rata nilai pretest 61,55 dan rata-rata nilai posttest 89,99. Pada uji korelasi dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 25 menunjukkan hasil sebesar 0,935 dengan koefisien determinasi 93% berkategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media PAPIN (papan pintar) terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang Tahun 2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Media Papan Pintar; Kemampuan Penalaran Matematis. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 08:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26699 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year