Pengaruh penggunaan media papan pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan peserta didik kelas II MIM Al-Qomariyah Wates Boyolali tahun ajaran 2023/2024

Wahyuningsih, Sri (2024) Pengaruh penggunaan media papan pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah pecahan peserta didik kelas II MIM Al-Qomariyah Wates Boyolali tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096051_Sri Wahyuningsih_Full] Text (Skripsi_2003096051_Sri Wahyuningsih_Full)
Skripsi_2003096051_Sri Wahyuningsih_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan pecahan terhadap kemampua pemecahan masalah pecahan pada peserta didik kelas II di MIM Al-Qomaruyah Wates Boyolali tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dengan melakukan obsrvasi, wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di MIM Al-Qomariyah Wates Boyolali tahun ajaran 2023/2024. Kelas II A sebanyak 21 peserta didik menjadi kelas eksperimen dan kelas II B sebanyak 21 peserta didik menjadi kelas kontrol. Berdasarkan hasil dari posttest, rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah pecahan pada peserta didik kelas eksperimen adalah 69,428 dan rata-rata nilai hasil kemampuan pemecahan masalah pecahan pada peserta didik kelas eksperimen adalah 57,809. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 5,250 dan ttabel = 2,021 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 21+21-2 = 40. Perhitungan ini menunjukkan thitung>ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan pecahan berpengaruh terhadap kemempuan pemecahan masalah pecahan pada peserta didik kelas II di MIM Al-Qomariyah Wates Boyolali tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Papan pecahan; Pemecahan masalah; Metode mengajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:24
Last Modified: 26 Jun 2025 01:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics