Pengaruh media pembelajaran puzzle pada materi tajwid terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas II MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang tahun 2023/2024
Sani, Apriliana (2024) Pengaruh media pembelajaran puzzle pada materi tajwid terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas II MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang tahun 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003096055_Apriliana Sani_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003096055_Apriliana Sani_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh media pembelajaran puzzle pada materi tajwid terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas 2 MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Puzzle memiliki keunggulan dalam meningkatkan interaksi, kemampuan kognitif, dan memori siswa, serta membuat pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan. Media ini juga memperkuat pemahaman tajwid, khususnya bacaan gunnah, karena penyampaian melalui permainan lebih efektif. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, dengan desain One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas II yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (Paired Sample t-test) dan uji korelasi. Berdasrkan penelitian yang telah dilakukan di MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang diperoleh data akhir yaitu nilai signifikansi Monte Carlo 0,380. Pada uji korelasi dengan bantuan Sofware IBM SPSS Statistic 29 menunjukkan hasil sebesar 0,535 dengan koefisien determinasi 53% sedang atau cukup kuat dan relevan. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran puzzle pada materi tajwid terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas II MI Miftashus Sibyan Tugurejo Semarang Tahun 2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran puzzle; Tajwid; Kemampuan kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26705 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year