Pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick dengan media wordwall pada topik hak dan kewajiban terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III MIT Nurul Islam Semarang tahun pelajaran 2023/2024
Aeni, Jumrotul (2024) Pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick dengan media wordwall pada topik hak dan kewajiban terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III MIT Nurul Islam Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003096059_Jumrotul Aeni_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003096059_Jumrotul Aeni_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media wordwall terhadap hasil belajar kognitif peserta didik materi Hak dan Kewajiban Kelas III MIT Nurul Islam Semarang Tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy-experimental design) dengan desain the non-equivalent control-group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III MIT Nurul Islam. Perhitungan analisis data pretest dan posttest, peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen 81,11 lebih tinggi daripada nilai posttes kelas kontrol yaitu 78,54. Hasil analisi uji hipotesis yang memperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sehingga pengujian H_0 ditolak dan H_a diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Selain itu, hasil dari uji n-gain score yang diperoleh menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model talking stick dan media wordwall mencapai skor 0,57 termasuk kategori sedang dan presentase uji n-gain sebesar 57,8008% (≈58%) termasuk kategori cukup efektif. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media wordwall secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik khususnya pada materi Hak dan Kewajiban.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Kognitif; Talking stick; Wordwall; Hak dan kewajiban |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:12 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26708 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year