Pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar materi ibadah haji peserta didik kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun pelajaran 2023/2024

Anggraini, Nia (2024) Pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar materi ibadah haji peserta didik kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096060_Nia Anggraini_Full] Text (Skripsi_2003096060_Nia Anggraini_Full)
Skripsi_2003096060_Nia Anggraini_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peserta didik kelas V yang kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran materi ibadah haji yang berakibat pada hasil belajar yang kurang maksimal, nilai terendah yang di dapat yaitu 60 sedangkan untuk KKM nilai 70. Penyebabnya yaitu guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran kurang maksimal. Hal tersebut perlu kebaharuan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk materi haji yang bertujuan apakah ada pengaruh saat menggunakan model ini pada hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, perbedaan dua rata-rata, dan uji korelasi.
Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis berdasarkan uji rata-rata atau uji t, di dapatkan data nilai posttest kelas eksperimen rata-rata 81 dan kelas kontrol dengan rata-rata 65. Pada uji t di dapatkan nilai posttest t tabel 0,05 kemudian t hitung 0,0095, pengambilan keputusan apabila t hitung < t tabel maka Hₐ diterima. Kemudian untuk uji korelasi didapatkan nilai 0,75 dengan kategori tinggi, maka penggunaan model problem based learning ini berpengaruh terhadap hasil belajar materi ibadah haji kelas V MI Nashrul Fajar Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; Hasil belajar; Haji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:23
Last Modified: 26 Jun 2025 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics