Pembentukan karakter anak dalam surah Luqman ayat 12-19 perspektif Ibnu Ajibah dalam Tafsir Al-Bahr Al-Madid Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Majid

Hendrawan, Aprizal Dwi (2023) Pembentukan karakter anak dalam surah Luqman ayat 12-19 perspektif Ibnu Ajibah dalam Tafsir Al-Bahr Al-Madid Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Majid. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1904026133_Aprizal_Dwi_Hendrawan] Text (Skripsi_1904026133_Aprizal_Dwi_Hendrawan)
1904026133_Aprizal Dwi Hendrawan_Lengkap Tugas Akhir.docx - Aprizal Dwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di masa sekarang banyak sekali perilaku-perilaku penyimpangan yang terjadi pada diri anak muda, hal tersebut ditandai dengan kemajuan teknologi modern, walaupun kemajuan teknologi juga mendorong kepada hal yang positif tetapi juga mengandung faktor-faktor negatif yang berdampak dalam kehidupan masyarakat, hal tersebut membuat anak muda menginginkan segala sesuatu dengan cara yang instan, fenomena pengikisan karakter banyak sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sudah banyak yang diberitakan di media sosial, seperti siswa yang bolos sekolah, tawuran, minum alkohol, pergaulan bebas bahkan kasus korupsi yang semakin melunjak merupakan dampak terbesar dari kurangnya pendidikan karakter. Pendidikan dalam lingkup akademisi tidak hanya dituntut untuk mencetak generasi yang berintegritas dan berilmu saja tetapi juga generasi yang berakhlak, berbudi pekerti yang luhur dan berkarakter sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas bagi bangsa, negara dan agama. Sebagaimana yang telah dirangkum al-Qur’an dalam surah Luqman ayat 12-19 yang mengkisahkan tentang seorang ayah dengan kesabaran dan hikmahnya mendidik anaknya supaya dapat menjadi seseorang yang berilmu, berakhlak dan berakidah. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang sebuah konsep pendidikan dengan merujuk pada sebuah kitab tafsir dari ulama maroko yaitu karya Ibnu Ajibah al-Bahr al-Madid fi Tafsir al-Qur’an al-Majid, dengan rumusan masalah, 1) Bagaimana penafsiran Ibnu Ajibah mengenai pembentukan karakter anak dalam surah Luqman ayat 12-19, 2) Bagaimana relevansi dengan pendidikan nasional saat ini.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif , bersifat literature yang termasuk pada jenis penelitan pustaka (library research) dan beberapa literatur bacaan seperti buku, kitab tafsir. Menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer mencakup Al-Qur’an dan kitab tafsir Ibnu Ajibah yaitu al-Bahr al-Madid fi Tafsir al-Qur’an al-Majid. Sedangkan sumber data sekunder mencakup berbagai bacaan dan literatur yang mengandung pembahasan tentang tema skripsi ini. Dari sisi penulisan menggunakan metode tahlili atau teknik analisis data (content analysis) sehingga terciptanya pengetahuan baru dalam mengolah data-data yang terkandung dalam penelitian.
Hasil dari penelitian ini yang telah dikaji, menyimpulkan bahwa pembentukan karakter anak menurut Ibnu Ajibah mengandung tiga konsep pendidikan, 1) pendidikan akidah yaitu untuk beriman kepada Allah SWT dan tidak berlaku syirik atau menyekutukannya, 2) pendidikan akhlak yaitu berbakti pada orang tua, tidak sombong dan angkuh terhadap sesama, 3) pendidikan syariat yaitu mendirikan kewajiban solat, menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar. Hal ini, sesuai dengan konsep pendidikan nasional yang tertulis dalam UU SIDIKNAS No 20 Tahun 2003 Pasal 3 yang bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan peradaban bangsa, agar tumbuh dan berkarakter serta dapat menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, demokratis dan bertanggung jawab sebagai warga negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Ibnu Ajibah; Pendidikan Nasional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:26
Last Modified: 03 Jul 2025 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics