Hubungan antara harga diri dan hardiness dengan academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir di UIN Walisongo Semarang
Laili, Kharisma Nur (2024) Hubungan antara harga diri dan hardiness dengan academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1707016024_Kharisma_Nur_Laili]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1707016024_Kharisma_Nur_Laili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Mahasiswa semester akhir dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas akhir, yang mana dalam proses penyelesaian tugas tersebut seringkali menghadapi banyak hambatan baik dari luar maupun dari dalam diri mahasiswa, sehingga memiliki resiko tinggi mengalami academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan harga diri dan hardiness dengan academic burnout pada mahasiswa semester akhir UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik analisis korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 317 mahasiswa semester akhir UIN Walisongo Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling dengan jenis sampling purposive. Penelitian ini menggunakan alat ukur skala harga diri, hardiness, dan academic burnout. Metode analisis data menggunakan uji pearson product moment dan multiple correlation. Hasil hipotesis pertama menunjukkan terdapat hubungan negatif antara harga diri dengan academic burnout sebesar -0,634. Hasil hipotesis kedua terdapat hubungan negatif antara hardiness dengan academic burnout sebesar -0,813. Hasil hipotesis ketiga menunjukkan angka korelasi sebesar 0,817. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang singnifikan antara variabel harga diri dan hardiness dengan academic burnout pada mahasiswa semester akhir UIN Walisongo Semarang.
Kata Kunci: Harga Diri, Hardiness, Academic Burnout
ABSTRACT:
Final semester students are required to be able to complete the final project, which in the process of completing this task often faces many obstacles both from outside and from within the student, so they have a high risk of experiencing academic burnout. This study aims to empirically examine the relationship between self-esteem and hardiness with academic burnout in final semester students of UIN Walisongo Semarang. This study used a quantitative approach with correlational analysis techniques. The sample used in this study was 317 final semester students of UIN Walisongo Semarang. Sampling is done by non-probability sampling with purposive sampling type. This study used a scale of self-esteem, hardiness and academic burnout. The data analysis method uses pearson product moment and multiple correlation tests. The results of the first hypothesis showed a negative relationship between self-esteem and academic burnout of -0.634. The results of the second hypothesis showed a negative relationship between hardiness and academic burnout of -0.813. The results of the third hypothesis show a correlation rate of 0.817. So it can be stated that there is a significant relationship between self-esteem and hardiness variables with academic burnout in final semester students of UIN Walisongo Semarang.
Keywords: Self-Esteem, Hardiness, Academic Burnout
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga diri; Hardiness; Academic burnout; Mahasiswa tingkat akhir |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 06:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26844 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year