Implementasi metode reward oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar dan mengembangkan sosial emosional AUD di TK Islamiyah Paloh Paciran Lamongan
Sari, Vivi Nofita (2024) Implementasi metode reward oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar dan mengembangkan sosial emosional AUD di TK Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1703106001_Vivi_Nofita_Sari_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1703106001_Vivi_Nofita_Sari_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Anak usia dini disebut juga golden age karena fisik dan motorik anak berkembang dan tumbuh sangat cepat, dan pada kehidupan Anak Usia Dini sangatlah penting sekali peranan seorang pendidik yang tentunya cukup mempengaruhi pengembangan sosial emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode reward dalam pengembangan motivasi belajar dan sosial emosional anak usia dini di TK Muslimat Islamiyah Paloh menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan dari hasil analisis akhir diperoleh hasil penelitian menunjukan motivasi belajar anak dan perkembangan sosial emosional sangat berkaitan. Dan menerapkan motivasi belajar dan perkembangan sosial emosional pada anak harus banyak pihak yang berkaitan diantaranya orangtua, guru, dan lingkungan disekolah, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar dan perkembangan sosial emosional, karena dengan memberikan reward terhadap anak, anak akan selalu termotivasi untuk belajar karena reward adalah sesuatu yang disenangi dan digemari oleh anak anak. Dengan adanya reward di TK Muslimat Islamiyah mampu memberikan motivasi belajar anak, dan jika motivasi belajar anak tinggi anak mampu bersosialisasi sesama teman sebayanya, karena kemampuan sosial emosional merupakan hubungan pribadi. Anak yang memiliki kemmapuan ini jelas mudah berkomunikasi dan meminta bantuan teman atau guru jika mereka mengalami kesulitan, dengan demikian anak seperti itu mudah mengatasi kesulitan dalam belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward; Motivasi belajar; Sosial emosional; Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:31 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26924 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year