Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wanita muslim untuk menjadi wirausaha di kota Semarang
Martyningtyas, Neiny Dwi (2014) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wanita muslim untuk menjadi wirausaha di kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
102411098_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (413kB) | Preview
102411098_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
102411098_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
102411098_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
102411098_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (308kB) | Preview
102411098_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
102411098_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Krisis ekonomi yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 dan dilanjutkan krisis global pada pertengahan tahun 2008. Sehingga merangsang banyak kalangan berusaha mengatasinya. Dengan berwirausaha tidak hanya laki-laki kaum wanita pun turut berperan dalam menghadapi krisis yang melanda. Fenomena inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini dengan judul “Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita muslim untuk berwirausaha di Kota Semarang”
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mencari faktor yang mempengaruhi minat wanita wirausaha muslim di IWAPI kota Semarang dan mengidentifikasi faktor-faktor paling dominan yang mempengaruhi minat wanita wirausaha muslim di Kota Semarang. Jenis metode dalam penelitian ini dengan metode kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder, dengan mengambil sampel sebanyak 39 orang wanita muslim yang bergabung di IWAPI kota Semarang.
Hasil secara simultan diperoleh F hitung sebesar 51,065 Dari hasil analisis uji F didapat F hitung sebesar 51,065 dengan tingkat probabilitas 0,000 (Signitifikasi). Nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05 maka, model regresi dapat digunakan untuk memprediksi jiwa wirausaha atau dapat dikatakan faktor keluarga, faktor terpaksa, sengaja diciptakan, faktor pendidikan secara simultan berpengaruh signitifikan terhadap variabel pembentukan minat wanita muslim berwirausaha. Sedangkan dari uji t Dari hasil uji t atau pengujian secara invidual yang dilakukan terbukti bahwa variabel T hitung untuk variabel Faktor keluarga diperoleh sebesar 3,218 sedangkan signitifikasinya 0,03 ( lebih kecil dari taraf signitifikasi 0,05). Untuk variabel Faktor terpaksa diperoleh sebesar 0,829 sedangkan signitifikasinya 0,413 (lebih besar dari taraf signitifikasi 0,05). Untuk variabel sengaja diciptakan diperoleh sebesar 10,247 sedangkan signitifikasinya 0,00 (lebih kecil dari 0,05), untuk variabel faktor pendidikan 1,013 sedangkan signitifikasinya 0,318 (lebih besar dari 0,05). sehingga model persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut:
Y= 3,067+0,522X1+0,116X2+1,032X3+0,108X4
Jadi dari hasil uji faktor-faktor yang mempengaruhi minat wanita muslim yang paling berpengaruh adalah faktor faktor keluarga dan faktor sengaja diciptakan dengan tingkat signitifikan lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Muslimah; Wirausaha |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Nov 2014 03:10 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 01:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2694 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year