Hubungan antara kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap resiliensi mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang

Nafisah, Zahrotun (2024) Hubungan antara kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap resiliensi mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016090_Zahrotun_Nafisah] Text (Skripsi_1707016090_Zahrotun_Nafisah)
Skripsi_1707016090_Zahrotun_Nafisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa kuliah, individu biasanya mendapatkan beragam tekanan dari lingkungan, serta merasa kebingungan terkait potensi diri yang ada dalam dirinya. Hal ini bisa saja berkaitan dengan kemampuan individu itu untuk mengenali dirinya. Sehingga individu itu menjadi bimbang dan tidak tahu terkait hal yang ingin dia lakukan, serta potensi yang ada dalam dirinya. Selain itu, besarnya tekanan pada individu baik dari internal maupun eksternal individu mempengaruhi keparahan tingkat stres yang dialami individu. Sehingga kemampuan individu untuk mengolah tekanan tersebut sangat diperlukan.
Tingginya tingkat resiliensi pada mahasiswa juga mampu membuat mahasiswa menjadi lebih stabil dan dapat menyelesaikan berbagai tantangan selama berkuliah. Pada penelitian yang dilakukan oleh Okvellia dan A.Setyandari (2022) pada 52 mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Jogjakarta menunjukkan bahwa resiliensi berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa menghadapi tantangan dalam perkuliahan.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian korelasional, yang bertujuan untuk meneliti adakah hubungan antara 1 variabel dengan variabel lainnya, serta mengukur tingkat hubungan antar variabel tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengevaluasi hubungan antara resiliensi dengan faktor-faktor lain yang berpotensi berhubungan dengan resiliensi seperti konsep diri dan kecerdasan emosional. Sampel pada penelitian ini diambil lewat teknik probability sampling dan diperoleh jumlah sampel sejumlah 112 orang yang merupakan mahasiswa FPK UIN Walisongo dari angkatan 2017-2019. Instrumen yang dipakai menggunakan skala likert yang sebelumnya di uji terlebih dulu kepada 30 orang subyek dengan berbagai uji. Yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas skala.
Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi yang cukup tinggi dan positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,497. Terdapat pula hubungan antara konsep diri dan resiliensi dengan koefisien korelasi sebesar 0,268 yang tergolong rendah, namun positif. Juga terdapat hubungan yang cukup kuat antara kecerdasan emosional dan konsep diri dengan resiliensi sebesar 0,524. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan konsep diri dengan resiliensi.

ABSTRACT:
In phase of studying in university, a person usually get a lot of pressure from the environtment, and had certainty feeling of lost about self potention in themselves. Those feeling can be relate to individual ability for knowing him/herself. Although a person can be anxious and not knowing about the things that they want to do, and the potention that inside themselves. Besides that, the pressure that person had been experienced, internally and externally can affecting the level of stress of that person. So, the ability of solving the pressure is needed for an individu.
The high level of resilience at university student also can make student become stable mentally and can solving lot of challenge during studying. Based on a research that did by Okvellia and A. Setyandari (2022) with 52 university student from Guidance and Counselling programme (BK) from Sanata Dharma Jogjakarta University, show that resilience is affecting students ability to facing challenges during studying in university.
This research is adopting a cuantitative method, with correlational research method, that purposely to researching is there any realtion between one variable with the others variable, and measuring the relation level between those variable. In this research, researcher feel interest to evaluate the relation between resilience with the others factors that potentially related with resilience like self concept and emotional intelligence. Sample of this research are taking by probability sampling technique and from that, it have 112 people that all are FPK UIN Walisongo’s students from commencement year 2017-2019. The instrument is used is likert scale that had been tested before with 30 subject with some tests.. That is validity test and reliability test.
The result of this research is there is any positive and strong relation between emotional intelligence and resilience with corelation coefisient for 0,497. There is also any positive but weak relation between self concept and resilience with corelation coefisient for 0,268. And also there is any strong and positive relation between emotional intelligence dan self concept with resilience for 0,524 point. So, it has been taught that there is a positive and significance relations between emotional intelligence and self concept and resilience.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Konsep diri; Resiliensi; Mahasiswa tingkat akhir
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:19
Last Modified: 17 Jul 2025 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics