Pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna e-commerce Shopee UIN Walisongo Semarang

Jordan, Rivaldi Leonardo (2024) Pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna e-commerce Shopee UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016050_Rivaldi_Leonardo_Jordan] Text (Skripsi_1807016050_Rivaldi_Leonardo_Jordan)
Skripsi_1807016050_Rivaldi_Leonardo_Jordan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Consumer behavior is a growing phenomenon in modern society, especially among students who are one of the main consumer groups. The study aims to empirically test the influence of conformity and self-esteem on consumer behaviour in e-commerce shopee students at UIN Walisongo Semarang. The type of research used is quantitative research with an unknown population and a sample of 100 students.The technique used to take samples is accidental sampling with a likert scale measuring instrument. The data analysis method used is a double regression test. The results of this study are: 1.) Conformity influences consumer behavior in e-commerce shopee students UIN Walisongo Semarang, this is proved with a significance value of 0,000 (< 0,05) and 2.) Self-esteem does not influence consumption behaviour in the student e-commerce shopee users UIN walisongo semarang, this is proved with a significant value of 0.969 (> 0,05. 3.) Compliance and Self-steem jointly influence on consumer conduct in the students e-market shopee UIN Walisongo Semarang, that is proved by the determination coefficient value obtained of 0.602 (60,2%). Thus the student is expected to be able to choose a good environment in association, where the student can be accepted by the group, and can be a good influence for the student, so that it can increase the self-esteem of the student himself without having to behave consumtively.
Keyword: Consumer behavior, Conformity, Self-Esteem, Shopee

ABSTRAK:
Perilaku konsumtif merupakan fenomena yang semakin mendapat perhatian di tengah masyarakat modern, terutama di kalangan mahasiswa yang menjadi salah satu kelompok konsumen utama. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa penguna e-commerce shopee UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi tidak diketahui dan sampel berjumlah 100 mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan alat ukur kuesioner skala perilaku konsumtif, skala konformitas, dan skala harga diri. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Konformitas berpengaruh terhadap perilaku konsumif pada mahasiswa pengguna e-commerce shopee UIN Walisongo Semarang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan 2.) Harga diri tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumif pada mahasiswa pengguna e-commerce shopee UIN Walisongo Semarang, hal tersebut dibutikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,969 (> 0,05). 3.) Konformitas dan Harga diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumif pada mahasiswa pengguna e-commerce shopee UIN Walisongo Semarang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,602 (60,2%). Sehingga diharapkan mahasiswa untuk dapat memilih lingkungan yang baik dalam pergaulan, dimana mahasiswa dapat diterima keberadaannya oleh kelompok tersebut, serta dapat menjadi pengaruh yang baik bagi mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan harga diri dari mahasiswa itu sendiri tanpa harus berperilaku konsumtif.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Konformitas, Harga Diri, Shopee

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Konformitas; Harga diri; Mahasiswa; E-commerce; Shopee
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:21
Last Modified: 17 Jul 2025 06:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics