Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau prodi psikologi UIN Walisongo Semarang

Afifah, Isni Nur (2024) Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau prodi psikologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1907016031_Isni_Nur_Afifah] Text (Skripsi_1907016031_Isni_Nur_Afifah)
Skripsi_1907016031_Isni_Nur_Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda memulai atau menyelesaikan tugas akademik untuk melakukan kegiatan yang kurang penting sehingga membuat pengumpulan tugas melebihi batas waktu. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menguji secara empiris hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau Prodi Psikologi UIN Walisongo Semarang. Analisis yang digunakan yaitu teknik Rank Spearman untuk uji hipotesis satu dan dua, Korelasi Kendall W untuk uji hipotesis tiga dengan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Skala yang digunakan pada penelitian ini ada tiga yaitu skala prokrastinasi akademik, dukungan sosial orang tua dan efikasi diri. Sampel yang digunakan berjumlah 182 sampel dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan sedang antara dukungan sosial orang tua dan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau Prodi Psikologi UIN Walisongo Semarang dengan nilai korelasi -0,405 dan sig. 0,000 (< 0,05). Kemudian, terdapat hubungan yang signifikan sedang antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau Prodi Psikologi UIN Walisongo Semarang dengan nilai korelasi -0,495 dan sig. 0,000 (< 0,05). Serta terdapat hubungan yang signifikan kuat antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa perantau Prodi Psikologi UIN Walisongo Semarang dengan nilai korelasi 0,708 dan sig. 0,000 (≤ 0,05).
Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial Orang Tua, Efikasi Diri, Perantau

ABSTRACT:
Academic procrastination is the behavior of delaying starting or completing academic tasks to carry out less important activities that make task collection exceed the deadline. The purpose of this study is to empirically examine the relationship between parental social support and self-efficacy with academic procrastination in working on a thesis on overseas students of UIN Walisongo Semarang Psychology Study Program. The analysis used is the Rank Spearman technique to test hypotheses one and two, Kendall W Correlation to test hypothesis three with a correlational quantitative research approach. There are three scales used in this study, namely the academic procrastination scale, parental social support and self-efficacy. The sample used amounted to 182 samples with purposive sampling collection technique. The results of this study indicate that there is a moderate significant relationship between parental social support and academic procrastination in working on a thesis on overseas students of UIN Walisongo Semarang Psychology Study Program with a correlation value of -0.405 and sig. 0,000 (< 0,05). Then, there is a moderate significant relationship between self-efficacy and academic procrastination in doing the thesis on overseas students of the Psychology Study Program of UIN Walisongo Semarang with a correlation value of -0.495 and sig. 0,000 (< 0,05). And there is a strong significant relationship between parental social support and self-efficacy with academic procrastination in doing a thesis on overseas students of Psychology Study Program at UIN Walisongo Semarang with a correlation value of 0.708 and sig. 0,000 (≤ 0,05).
Keywords: Academic procrastination, parental social support, self-efficacy, migrants.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik; Mahasiswa; Dukungan sosial; Orang tua; Efikasi diri; Perantau
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:37
Last Modified: 18 Jul 2025 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics