Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial dengan kecerdasan emosional pada santriwati baru pondok pesantren khas kempek cirebon
Maula, Irfa Farhatul (2024) Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial dengan kecerdasan emosional pada santriwati baru pondok pesantren khas kempek cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1907016035_Irfa_Farhatul_Maula]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1907016035_Irfa_Farhatul_Maula.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial dengan kecerdasan emosional pada santriwati baru Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif degan jenis korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 santriwati baru Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian diri, skala dukungan sosial dan skala kecerdasan emosional. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi berganda (multiple correlation) dengan menggunakan SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial dengan kecerdasan emosional pada santriwati baru Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon dengan signifikansi 0,00 < 0,05 dengan nilai koefisiensi sebesar 0,654. Penyesuaian diri dan dukungan sosial mempunyai hubungan dengan kecerdasan emosional sebesar 42,8%. Bagi peneliti selanjutnya yang mempunyai keterkaitan dengan topik yang sama, diharapkan lebih memperluas pembahasan, susunan bahasa, dan variabel lain yang mempunyai hubungan dengan kecerdasan emosional seperti lingkungan, keadaan fisik, keadaan psikologis, jenis kelamin dan motivasi diri.
Kata Kunci: penyesuaian diri, dukungan sosial dan kecerdasan emosional.
ABSTRACT:
This study aims to empirically examine the relationship between self adjustment and social support with emotional intelligence in new female student of KHAS Kempek Cirebon Islamic Boarding School. This study uses a quantitative appoach with a correlational type. The sample in this study were 130 new female student of KHAS Kempek Cirebon Islamic Boarding School. The measurement tools used are self adjustment scale, social support scale and emotional intelligence scale. Then the data analysis technique used is a multiple correclation technique using SPSS version 24 for windows. The results of this study indicate that there is a relationship between self adjusment and support social support with emotional intelligence in new female student of KHAS Kempek Cirebon Islamic Boarding School with a significance of 0.00 < 0.05 and with a cofficient value of 0,654. Self adjusment and social support have a relationship with emotional intelligence of 42,8%. For future researchers who have an interest in same topic, it is hoped that they will further expand the discussion, languange structure, and other variables that are related to emotional intelligence such as environment, physical condition, gender and elf motivation.
Keywords: self adjusment, social support and emotional intelligence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyesuaian diri; Dukungan sosial; Kecerdasan emosional; Santri baru |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 04:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26970 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year