Penanaman moderasi beragama di sekolah : peranan guru agama
Muslih, Muslih and Luthfan, M. Aqil and Abdullah, Rizal Rahman and Setiawan, Andi (2023) Penanaman moderasi beragama di sekolah : peranan guru agama. SeAP (Southeast Asian Publishing), Semarang. ISBN 978-623-5794-70-9
![[thumbnail of Muslih_Penanaman_Moderasi_Beragama_di_Sekolah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muslih_Penanaman_Moderasi_Beragama_di_Sekolah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Guru pendidikan agama Islam di sekolah dasar secara umum memiliki pengetahuan yang baik tentang konsep moderasi beragama. Secara singkat, mereka memandang konsep moderasi beragama sebagai suatu sikap dan upaya memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat, tidak ekstrim, tidak fanatik, tidak radikal, mengedepankan toleransi, menghargai perbedaan, menghormati agama lain, memiliki tujuan menjaga keutuhan dan keharmonisan hubungan antar umat beragama dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.
Mayoritas guru-guru ini memiliki komitmen yang tinggi untuk mengenalkan dan menanamkan konsep moderasi beragama kepada para siswanya dalam proses pembelajaran di kelas. Mereka juga menunjukkan keterlibatan yang serius dalam menanamkan konsep moderasi beragama kepada para siswa di kelas.
Guru-guru tersebut juga telah melakukan upaya-upaya nyata dalam menanamkan konsep moderasi beragama kepada para siswanya. Di antara upaya-upaya tersebut adalah: memperkenalkan kepada siswa tentang kerukunan dalam perbedaan agama, manfaat moderasi dan toleransi beragama, mengenalkan keyakinan agama yang berbeda untuk lebih mempererat persatuan melalui diskusi, menjelaskan pentingnya kerukunan antar umat beragama melalui pelajaran tertentu yang didukung dengan media pembelajaran berupa tayangan video dengan penjelasan langsung dari guru, menjelaskan konsep moderasi dan toleransi beragama, menjelaskan kepada siswa tentang perbedaan dan keberagaman di Indonesia.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi beragama; Sekolah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Buku (Books) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26993 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year