Pengaruh kontrol diri dan kejenuhan belajar terhadap perilaku cyberslacking pada siswa SMP N 18 Semarang

Hasnawati, Annisa (2024) Pengaruh kontrol diri dan kejenuhan belajar terhadap perilaku cyberslacking pada siswa SMP N 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2007016018_Annisa_Hasnawati] Text (Skripsi_2007016018_Annisa_Hasnawati)
Skripsi_2007016018_Annisa_Hasnawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, didukung dengan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2022-2023, jumlah individu yang menggunakan internet di Indonesia sebanyak 2,67% dibanding dengan jumlah sebelumnya, yaitu 210,03 juta pengguna. Sayangnya, semakin tingginya pengguna internet ini menyebabkan peyalahgunaan internet seperti perilaku cyberslacking. Kontrol diri yang rendah dan tingkat kejenuhan belajar yang tinggi pada siswa menjadi salah satu faktor terjadinya perilaku cyberslacking. Penelitian ini secara empiris menguji bagaimana kontrol diri dan kejenuhan belajar berpengaruh perilaku cyberslacking yang melibatkan 239 sampel pada siswa SMPN 18 Semarang. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana dan uji regresi berganda diperoleh hasil: terdapat pengaruh negatif kontrol diri terhadap perilaku cyberslacking dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh positif kejenuhan belajar terhadap perilaku cyberslacking dengan nilai signifikansi 0,028 < 0,05, dan terdapat pengaruh secara simultan antara kontrol diri dan kejenuhan belajar terhadap perilaku cyberslacking. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa kontrol diri dan kejenuhan belajar dapat memprediksi perilaku cyberslacking sebesar 24,2% sedangkan 75,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Kata kunci: cyberslacking, kontrol diri, kejenuhan belajar

ABSTARCT:
Internet users in Indonesia continue to increase every year, supported by the results of the 2022-2023 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) survey, the number of individuals using the internet in Indonesia is 2.67% compared to the previous number, namely 210.03 million users. Unfortunately, the increasing number of internet users has led to internet abuse such as cyberslacking behavior. Low self-control and high levels of learning boredom among students are factors that cause cyberslacking behavior. This research empirically tested the influence of self-control and learning boredom on cyberslacking behavior involving 239 samples of students at SMPN 18 Semarang. Based on the results of simple regression tests and multiple regression tests, the results obtained: there is a negative influence of self-control on cyberslacking behavior with a significance value of 0.000 < 0.05, there is a positive influence of learning boredom on cyberslacking behavior with a significance value of 0.028 < 0.05, and there is a simultaneous influence between self-control and learning boredom on cyberslacking behavior. The results of data analysis also show that self-control and learning boredom can predict cyberslacking behavior by 24.2%, while 75.8% is influenced by other factors not revealed in this research.
Keywords: cyberslacking, self-control, boredom of learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cyberslacking; Kontrol diri; Kejenuhan belajar; Siswa SMP
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:40
Last Modified: 22 Jul 2025 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27019

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics