Penerapan sistem moving class untuk merangsang perkembangan sosial dan emosional di RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang

Rahayu, Diah Puji (2024) Penerapan sistem moving class untuk merangsang perkembangan sosial dan emosional di RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003106021_Diah Puji Rahayu_Full] Text (Skripsi_2003106021_Diah Puji Rahayu_Full)
Skripsi_2003106021_Diah Puji Rahayu_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu aspek perkembangan anak adalah perkembangan sosial emosional yang meliputi perilaku anak dalam lingkungan sosialnya. Perkembangan sosial dan emosional anak merupakan dua aspek yang berbeda, namun tidak dapat dipisahkan satu sama lain,Maka pengembangan social emosional pada anak sangatlah penting, dalam hal tersebut dapat melalui pembelajaran di sekolah.Agar dapat mellaksanakan dan melncapai tujuan pengembangan social emosional pada anak, pelran guru dalam melnciptakan suasana prolsels bellajar-melngajar sangatlah pelnting. Salah satunya yaitu dengan cara moving class.
Penelitian ini berfokus telrhadap pelnelrapan sistelm molving class untuk melningkatkan solsial dan elmolsiolnal di RA Al Hidayah UIN Walisolngol Selmarang. Delngan delmikian, pelnulis dapat melngeltahui seljauh mana pelnelrapan sistelm molving class apakah elfelktif dalam melningkatkan aspelk solsial-elmolsiolnal, faktolr apa, hambatan dan pelndukung yang ada dan sollusi apa yang digunakan untuk melnghadapinya. Belrdasarkan hal telrselbut, pelnulis mellakukan pelnellitian belrjudul Pelnelrapan sistelm molving class untuk melrangsang Pelrkelmbangan Solsial dan Elmolsiolnal di RA Al Hidayah UIN Walisolngol Selmarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisi data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. dimana tujuanya adalah untuk mengetahui secara sistematis tentang fokus penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa Alasan yang melmpelrkuat ditelrapkannya molving class di RA Al Hidayah UIN Walisolngol adalah agar murid dapat saling melngelnal dan akrab delngan guru dan murid kellas lain selhingga dapat belrbaur tanpa melmbelda-beldakan. Pelnelrapan molving class juga melmbelrikan rangsangan telrhadap aspelk solcial elmolsiolnal karelna delngan adanya molving class anak dapat Melmpelrlihatkan kelmampuan diri untuk melnyelsuaikan delngan situasi.Melngelnal pelrasaan selndiri dan melngellollanya selcara wajar (melngelndalikan diri selcara wajar) selhingga aspelk solcial dan elmolsiolnalnya belrkelmbang.
Pelnelrapan molving class di RA AL Hidayah UIN Walisolngol Selmarang sudah belrjalan delngan lancar baik dari selgi pelrelncanaan, pellaksanaan dan elvaluasi. Telrdapat belbelrapa kelndala namun dapat di atasi selhingga molving class belrjalan delngan lancar.Kelmudian aspelk solcial dan elmolsiolnal anak belrkelmbang delngan baik . Selbellumnya tidak kelnal guru di kellas B dan selbaliknya,dan murid kellas A tidak melngelnal murid kellas B dan selbaliknya, delngan adanya molving class ini dapat saling melngelnal dan akrab tanpa melmbelda-beldakan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moving class; Sosial; Emosional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:48
Last Modified: 24 Jul 2025 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27020

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics