Pengaruh dukungan sosial dan self regulated learning terhadap efikas mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menghadapi ujian sima’an di PPPTQ Al-Hikmah Tugu Semarang

Tohiroh, Lum'attut (2024) Pengaruh dukungan sosial dan self regulated learning terhadap efikas mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menghadapi ujian sima’an di PPPTQ Al-Hikmah Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2007016040_Lum'attut_Tohiroh] Text (Skripsi_2007016040_Lum'attut_Tohiroh)
Skripsi_2007016040_Lum'attut_Tohiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Efikasi diri merupakan keyakinan yang ada pada diri seseorang terhadap kemampuannya dalam menghadapi segala rintangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Efikasi yang tinggi sangat penting untuk mahasiswa penghafal Al-Qur’an karena akan berdampak pada keberhasilan dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh dukungan sosial dan self regulated learning terhadap efikasi mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menghadapi ujian sima’an di PPPTQ Al-Hikmah Tugu, Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan 61 sampel yang diambil menggunakan teknik pourposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi berganda untuk uji hipotesisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap efikasi diri dengan nilai signifikansi 0,886 > 0,05 dan terdapat pengaruh yang signifikan dari self regulated learning terhadap efikasi diri dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pada penelitian ini diperoleh F sebesar 29,346 yang artinya ketiga variabel dalam penelitian ini dinyatakan simultan dan nilai R Square sebesar 0,503 yang artinya bahwa variabel dukungan sosial dan variabel self regulated learning memiliki pengaruh secara simultan dengan besaran 50,3% terhadap efikasi diri.
Kata Kunci : Dukungan Sosial, Self Regulated Learning, dan Efikasi

ABSTRACT:
Self-efficacy is the belief that a person has in his ability to face all obstacles to achieve the desired goals. High self-efficacy is very important for students who memorize the Koran because it will impact their success in completing their assignments. This research aims to is empirically test the influence of social support and self-regulated learning on the self-efficacy of students memorizing the Al-Qur'an in facing the sima'an exam at PPPTQ Al-Hikmah Tugu, Semarang. This research uses a quantitative method, with 61 samples taken using a positive sampling technique. The data analysis method uses the classic assumption test and multiple regression test to test the hypothesis. The research results show that there is no influence of social support on self-efficacy with a significance value of 0.886 > 0.05 and there is a significant influence of self-regulated learning on self-efficacy with a significance value of 0.00 < 0.05. In this study, an F was obtained of 29.346, which means that the three variables in this study were stated simultaneously and the R Square value was 0.503, which means that the social support variable and the self-regulated learning variable had a simultaneous influence on 50.3% of self-efficacy.
Keywords: Social Support, Self Regulated Learning, and Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Self regulated learning; Efikasi; Ujian simaan; Tahfidz Alquran
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:16
Last Modified: 24 Jul 2025 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics