Pendidikan anti bullying pada anak usia dini di TK IT La Ba Ba Mranggen Demak
Firdausy, Angelina (2024) Pendidikan anti bullying pada anak usia dini di TK IT La Ba Ba Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106041_Angelina Firdausy_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106041_Angelina Firdausy_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kasus tindakan bullying menjadi fenomena yang menyebar pada lingkungan sekolah. Bullying memiliki dampak yang sangat negatif terhadap lingkungan sekolah. Lembaga pendidikanlah yang bertugas dalam menciptakan dan menjamin suasana belajar yang kondusif dan aman agar peserta didik merasa nyaman saat berada di sekolah. Kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya preventif tindakan bullying yang telah diterapkan di TK IT LA BA BA Mranggen Demak, dan untuk mengetahui upaya kuratif dalam menangani kasus Bullying di TK IT LA BA BA Mranggen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah, mendeskripsikan pendidikan anti bullying di TK IT LA BA BA Mranggen Demak, untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data lapangan model Miles dan Huberman (1984), dengan teknik analisis induktif, dimana peneliti melakukan analisis berdasarkan fakta di lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori yang sesuai, dan ditarik kesimpulan dari khusus ke umum.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pendidikan anti bullying yang telah diterapkan di TK IT LA BA BA menggunakan cara yang sesuai dengan anak usia dini, meliputi upaya preventif, dan upaya kuratif. Upaya preventif yang dilakukan di TK IT LA BA BA menggunakan metode bernyanyi, metode bercerita, materi pembelajaran, pendidikan agama, metode pembiasaan, dan kegiatan parenting. Sedangkan dalam upaya kuratif, tindakan bullying di TK IT LA BA BA yang mana dapat tergambarkan dengan jelas dari kasus-kasus tindakan bullying yang telah terjadi di TK IT LA BA BA yaitu dengan cara Guru mengetahui terlebih dahulu penyebab atau asal mula mengapa anak melakukan tindakan bullying, kemudian menasehati anak dengan bahasa yang baik namun tegas, tidak menggunakan kekerasan fisik, Guru dan orang tua bekerja sama dalam menangani tindakan bullying pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Bullying; Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27062 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year