Implementasi penguatan profil pelajar pancasila melalui project based learning untuk anak usia dini

Fitri, Asya Ainul (2024) Implementasi penguatan profil pelajar pancasila melalui project based learning untuk anak usia dini. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5 (1). ISSN 2716-1641

[thumbnail of Skripsi_2003106044_Asya Ainul Fitri_Full] Text (Skripsi_2003106044_Asya Ainul Fitri_Full)
Skripsi_2003106044_Asya Ainul Fitri_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (967kB)
Official URL: https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek pada pendidikan anak usia dini. Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian integral dari kurikulum merdeka memainkan peran sentral d a l a m membentuk karakter lulusan dengan membudayakan kualitas seperti iman, takwa, akhlakul karimah, kemandirian, kerjasama dan kolaborasi, kesadaran global, kreativitas, dan penalaran kritis. Waktu penelitian dilaksanakan selama 30 hari di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 29 Semarang, penelitian ini melibatkan 17 anak sebagai partisipan dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek secara signifikan dapat meningkatkan karakter Pelajar Pancasila pada usia dini dengan menerapkan pendekatan sistematis melalui komunikasi tema, identifikasi proyek, perencanaan proyek, penyusunan jadwal kegiatan, pemantauan progres proyek, serta penilaian dan evaluasi hasil proyek. Tema yang digunakan dalam implementasi pembelajaran proyek dalam penelitian adalah Aku Cinta Indonesia dengan mengusung topik Nguri-nguri Budaya Jawa Tengah-Festival Jajan Pasar dengan lokus Kota Magelang. Melalui kegiatan pembelajaran berbasis proyek dapat menstimulus kemampuan anak dalam berkolaborasi, mandiri, kreatif, bersikap toleran dan berakhlak mulia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka; Pelajar Pancasila; Project based learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:03
Last Modified: 13 Oct 2025 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics