Pengembangan kemampuan komunikasi anak usia dini melalui metode show and tell di RA Nurul Ulum Semarang
Mufazain, Fela (2024) Pengembangan kemampuan komunikasi anak usia dini melalui metode show and tell di RA Nurul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106050_FELA MUFAZAIN_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106050_FELA MUFAZAIN_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Komunikasi merupakan kunci dari setiap hubungan yang sukses antara guru dan anak. Metode komunikasi guru-anak dapat berupa verbal atau nonverbal untuk mendorong perkembangan bahasa alami dan menumbuhkan interaksi positif. Kegiatan ini bisa diterapkan menggunakan metode show and tell dalam proses pembelajaran. Karena anak usia dini selalu ingin menunjukkan sesuatu, metode show and tell dirasa cocok untuk digunakan bersama mereka.
Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Ulum Semarang dengan fokus permasalahan 1. Bagaimana penggunaan metode show and tell di RA Nurul Ulum? 2. Bagaimana hasil pengembangan kemampuan komunikasi anak usia dini melalui metode show and tell di RA Nurul Ulum?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan komunikasi pada anak melalui metode show and tell dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi anak berkembang melalui metode show and tell. Sudah sesuai dengan aspek pencapaian perkembangan bahasa dapat dilihat anak berani tampil di depan kelas, 83% kemampuan komunikasi anak berkembang dengan bagus. Beberapa anak yang kemampuan berkomunikasinya masih rendah sudah bisa dan berani tampil di depan kelas guru hanya mendampingi. Anak berani mengungkapkan ide, gagasannya melalui tampil bercerita didepan kelas dengan lantang dan lancar. Anak juga sering ikut menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru kelas. Memberikan kesempatan kepada anak untuk aktif, anak lebih aktif dalam proses pembelajaran, anak bersemangat untuk menunggu giliran tampil di kelas dan guru hanya mengkondisikan anak untuk tampil sesuai dengan alurnya. Anak lebih konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, Menstimulasi kemampuan bahasa anak belajar melalui menceritakan suatu benda di depan kelas dan menumbuhkan rasa nyaman berbicara di depan teman yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi; Metode show and tell; Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27069 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year