Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode demonstrasi di TK PGRI 88 Purwoyoso Semarang Barat
Mulida, Khofifah Septiana (2024) Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode demonstrasi di TK PGRI 88 Purwoyoso Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106053_Khofifah Septiana Mulida_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106053_Khofifah Septiana Mulida_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian menjelaskan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang menyebabkan orang tua sibuk mengabaikan pendidikan nilai agama dan moral di rumah. peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK PGRI 88 Purwoyoso, kepribadian dan mengelola pembelajaran yang mendukung perkembangan anak. Seperti nilai agama yaitu menghafalkan surat-surat pendek, membaca doa sebelum beraktivitas, mengenal tuhan dan ciptaanya, mengajarkan hadist pendek, mengaji jilid, wudhu, sholat. Sedangkan nilai moral yaitu upacara bendera, penerapan 5-S, toleransi, kejujuran, keadilan, tanggung jawab.
Dengan menggunakan pendekatan kulitatif hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru antara lain mendidik yang bertujuan memberikan pengetahuan. Proses ini melibatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Membimbing yaitu memberikan arahan atau dukungan untuk membantu anak mencapa tujuan. Mengevaluasi yaitu guru membantu anak ketika mencapai tujuan pembelajaran kemudian guru memberikan penilaian bagaimana hasil akhirnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak-anak. Faktor pendukung keberhasilan meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, perilaku guru yang menjadi panutan, serta dukungan orang tua. Faktor penghambat meliputi kurangnya konsentrasi anak, perbedaan tingkat perkembangan, dan kurangnya dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Nilai moral; Anak usia dini; Metode demonstrasi; Pendidikan TK |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27071 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year