Pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Bunga Harapan Ngaliyan Semarang tahun 2024
Utami, Lulu Tri (2024) Pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Bunga Harapan Ngaliyan Semarang tahun 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106055_Lulu Tri Utami_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106055_Lulu Tri Utami_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Bunga Harapan. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bukan hanya pendidikan umum saja yang diajarkan guru kepada anak usia dini tetapi juga menekankan pada nilai-nilai keislaman seperti pembiasaan shalat dhuha, hafalan surat pendek, hadist, dan doa-doa setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Bunga Harapan Ngaliyan Semarang tahun 2024. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Bunga Harapan Ngaliyan Semarang tahun 2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan meliputi materi, target, dan sarana prasarana. Pelaksanaannya meliputi praktik wudhu, praktik adzan dan iqamah, praktik shalat dhuha, serta doa dan dzikir sesudah shalat. Evaluasi pada pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini meliputi penilaian harian, mingguan dan bulanan. Menggunakan teknik penilaian ceklis, dan dilakukan dengan cara unjuk kerja. (2) Faktor pendukung pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini diantaranya fasilitas sekolah yang mendukung berupa masjid, serta dukungan dan motivasi dari guru serta orang tua. Faktor penghambatnya berupa kesulitan guru mengkondisikan siswa, siswa yang terlambat masuk ke sekolahan, perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shalat dhuha; Nilai agama; Moral;Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27074 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year