Praktik penanaman nilai agama dan moral dengan metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Kabupaten Demak
Rifa, Nida Salsabila (2024) Praktik penanaman nilai agama dan moral dengan metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106061_Nida Salsabila Rifa_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106061_Nida Salsabila Rifa_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Praktik penanaman nilai agama dan moral anak usia dini dilakukan agar anak didik dapat memiliki nilai agama dan moral yang baik, sehingga ketika anak didik memasuki jenjang selanjutnya, mereka sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik yang diperoleh pada saat pra sekolah. Sekolah dengan pendidikan agama dan moral yang baik akan terlihat dari program-program yang dilakukan oleh sekolah dan juga dari kegiatan pembiasaan yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penanaman nilai agama dan moral dengan metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Kabupaten Demak, serta faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak di RA Bahrul Ulum Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penanaman nilai agama dan moral dengan metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum meliputi 3 bagian, yang terdiri dari pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan teladan. Tujuan dilakukannya pembiasaan-pembiasaan tersebut adalah agar anak didik bisa menjadi generasi Qur’ani, memahami, menulis, dan membaca Al-Qur’an, mengetahui pentingnya sholat, sopan santun terhadap guru atau orang tua, menyanyangi sesama teman, serta mencontoh perilaku atau sikap dari seorang guru agar bisa menjadi keteladanan bagi anak didik. Faktor pendukungnya yaitu kerja sama dari orang tua, memiliki sarana dan prasarana yang memadai, serta pembiasaan yang bervariatif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kerja sama dari orang tua dan waktu pembelajaran yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agama; Moral; Metode pembiasaan; Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27078 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year