Pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini melalui kegiatan market day di TK IT Mona School Palir Ngaliyan Semarang
Fauziyah, Riayatul (2024) Pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini melalui kegiatan market day di TK IT Mona School Palir Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106065_Ri_ayatul Fauziyah_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106065_Ri_ayatul Fauziyah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Diadakannya kegiatan market day yang telah dijelaskan di atas, peneliti tertarik untuk meneliti pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini melalui kegiatan market day di TK IT Mona School Palir Ngaliyan Semarang. Melalui kegiatan tersebut diharapkan sekolah-sekolah lain dapat menerapkan dan mampu mengikuti pendidikan kewirausahaan sebagai inovasi pendidikan baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini melalui kegiatan market day di TK IT Mona School Palir Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian tesebut memiliki tujuan untuk menjelaskan situasi dan kondisi untuk mengetahui kondisi peserta didik sebagai objek penelitian, serta mampu menarik benang merah tentang fakta sebagai suatu karakter dan ciri khas yang dapat dikatakan sebagai gambaran dari keadaan suatu peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) berdasarkan sumber dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa pihak yang terkait dalam perencanaan program pendidikan kewirausahaan ialah yayasan, komite sekolah, kepala sekolah, guru. Semua pihak yang terkait nantinya secara bersama-sama akan merumusan dan menyepakati program-program kewirausahaan yang akan dilaksanakan selama setahun yang diadakan didalam rapat sekolah. (2) pendidikan entrepreneur merupakan salah satu program unggulan dari TK IT Mona School. Keberhasilan pendidikan entrepreneur tidak lepas dari variasi metode pengajaran yang menekankan pada siswa sebagai subjek aktif yang mencari, menemukan, mempraktekkan, hingga menyimpulkan. (3) menunjukan rasa kepercayaan diri siswa tidak hanya terlihat pada saat kegiatan
market day di sekolah saja, namun kepercayaan diri yang dimiliki siswa juga terlihat ketika siswa melakukan aktivitas membuat kue, berjualan, dan menawarkan makanan ringan tersebut kepada teman- teman dan para tetangga di sekitar rumah dengan dibantu oleh orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kewirausahaan; Market day; Taman kanak kanak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27081 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year