Pengembangan media pembelajaran berbasis digital “Aku Cinta Semarang” untuk mengenalkan budaya kota semarang pada anak usia dini kelompok B TK PGRI 88 Ngaliyan
Rachman, Syadzsa Fathna (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis digital “Aku Cinta Semarang” untuk mengenalkan budaya kota semarang pada anak usia dini kelompok B TK PGRI 88 Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106070_Syadzsa Fathna Rachman_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106070_Syadzsa Fathna Rachman_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran yang inovatif dan berbasis digital yaitu Video Animasi. Produk ini dirancang untuk mengenalkan Budaya Kota Semarang kepada Anak Usia Dini melalui media yang menarik serta mengikuti perkembangan teknologi di zaman modern ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana Proses Pengembangan Media Pembelajaran Digital Video Animasi untuk mengenalkan budaya Kota Semarang kepada anak usia dini? 2. Bagaimana Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Digital Video Animasi untuk mengenalkan budaya Kota Semarang kepada anak usia dini?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji kelayakan dan keefektifan produk tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, memperoleh hasil: 1. Dalam proses pengembangan media video animasi ini memperoleh hasil skor penilaian oleh validator ahli media sebesar 88% dan skor penilaian oleh ahli materi sebesar 87,4 %, keduanya memperoleh kategori “sangat baik” sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. 2. Hasil pengembangan media video animasi berdasarkan uji coba di lapangan, memperoleh nilai hasil uji coba pre-test sebesar 7,75 dan hasil uji coba post-test sebesar 15,25, sehingga terdapat peningkatan nilai sebesar 7,5 poin, hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada diri anak dalam proses pembelajaran, diantaranya: anak mampu mengingat informasi yang disampaikan melalui video animasi, anak tertarik dan antusias dengan media yang disajikan, anak dapat berinteraksi dan melakukan tanya jawab terkait materi yang disampaikan serta anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mengenalkan budaya Kota Semarang pada Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Digital; Video animasi; Anak usia dini; Budaya |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:09 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27082 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year