Penanaman nilai-nilai toleransi beragama melalui metode pembiasaan di TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang
Yanti, Yuni Febri (2024) Penanaman nilai-nilai toleransi beragama melalui metode pembiasaan di TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106073_Yuni Febri Yanti_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106073_Yuni Febri Yanti_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang merupakan satuan pendidikan PAUD heterogen yang beragam agama pada peserta didiknya. Berdasarkan latar belakang tersebut penanamankan nilai-nilai toletansi sangatlah penting karena sebagai pembentukan sikap dan perilaku anak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai toleransi beragama melalui metode pembiasaan di TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pengambilan sumber yaitu pada anak TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang. Adapun pengambilan datanya dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Tekhnik analisis data yang digunakan merujuk pada teori Miles and Huberman adalah reduksi data, data display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik.
Berdasarkan hasil penelitian penanaman nilai-nilai toleransi beragama melalui metode pembiasaan di TK PGRI 88 Ngaliyan Semarang meliputi pembiasaan berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing, hubungan anak yang muslim dan non-muslim, pembelajaran agama sesuai dengan agamanya masing-masing, pembiasaan perayaan hari besar agama. Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi beragama melalui metode pembiasaan muatan materi tidak banyak yang mengarah pada pembelajaran nilai toleransi beragama, belum adanya guru agama non-muslim, keterbatasan waktu dalam pembelajaran. Faktor pendukung 1) kebijakan pemerintah yang memberikan aturan tentang adanya penanaman nilai-nilai toleransi beragama, 2) terwujudnya kerjasama antar warga sekolah dalam kegiatan keagamaan, 3) suasana sekolah yang cukup kondusif untuk penanaman nilai-nilai toleransi beragama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi beragama; Metode pembiasaan; Taman kanak kanak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27084 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year