Pengaruh intensitas penggunaan sosial media dan kontrol diri terhadap perilaku cyberbullying pada mahasiswa di Kota Semarang

Syafitri, Putri Hasta (2024) Pengaruh intensitas penggunaan sosial media dan kontrol diri terhadap perilaku cyberbullying pada mahasiswa di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2007016081_Putri_Hasta_Syafitri] Text (Skripsi_2007016081_Putri_Hasta_Syafitri)
Skripsi_2007016081_Putri_Hasta_Syafitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

This study focuses on testing the influence of social media use intensity and self-control on cyberbullying in students in Semarang. The population in this study is Semarang students with a sample of 372 students. The sampling technique used in this study is accidental sampling. The method in this study uses a quantitative method with a causality approach. The measuring tools used in this study include the cyberbullying scale, the intensity scale of social media use, and the self-control scale. In this study, the data analysis method used is a classical assumption test which includes normality test, linearity test, and multicollinearity test. Then a hypothesis test using a multiple linear regression test was carried out. The results of the study showed that there was a very significant simultaneous influence between the intensity of social media use and self-control on cyberbullying with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 37.7%, there was a partially significant influence between the intensity of social media use on cyberbullying with a significant value of 0.000, and there was a very significant influence between self-control over cyberbullying with a value of 0.000 significant by 0.000.
Keywords: cyberbullying, intensity of social media use, and self-control.

ABSTRAK:
Penelitian ini berfokus untuk melaksanakan pengujian pada pengaruh intensitas penggunaan sosial media dan kontrol diri terhadap cyberbullying pada mahasiswa di Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Semarang dengan sampel sebanyak 372 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini meliputi skala cyberbullying, skala intensitas penggunaan sosial media, dan skala kontrol diri. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang mencakup uji normalitas, uji linearitas, dan multikolinearitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang memakai uji regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatlan adanya pengaruh yang sangat signifikan secara simultan antara intensitas penggunaan sosial media dan kontrol diri terhadap cyberbullying dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 37,7%, adanya pengaruh sangat signifikan secara parsial antara intensitas penggunaan sosial media terhadap cyberbullying dengan nilai signifikan sebesar 0,000, serta adanya pengaruh sangat signifikan antara kontrol diri terhadap cyberbullying dengan nilai signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci: cyberbullying, intensitas penggunaan sosial media, dan kontrol diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying; Media sosial; Kontrol diri; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:46
Last Modified: 29 Jul 2025 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics