Pengaruh kecanduan gadget dan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Nurul Husain Tanggir Singgahan Tuban

Rahmatillah, Silva Khoiruningtyas (2024) Pengaruh kecanduan gadget dan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Nurul Husain Tanggir Singgahan Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2007016084_Silva_Khoiruningtyas_Rahmatillah] Text (Skripsi_2007016084_Silva_Khoiruningtyas_Rahmatillah)
Skripsi_2007016084_Silva_Khoiruningtyas_Rahmatillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

The achiecement of memorizing the Al-Qur’an provides many benefits, including psychologically being able to increase concentration and forming self-discipline, while religiously you can have prayers that are effective or efficacious. This research aims to empirically test the influence of gadget addiction and discipline in memorizing the Al-Qur’an on the achievement of memorizing the Al-Qur’an in students of Nurul Husain Islamic Boarding School Tanggir Singgahan Tuban. The population of this study was 114 students and the research sample was 114 students. This research uses a saturated sampling technique. This research method uses quantitative methods with multiple regression abalysis techniques. The instruments in this research include an achievement test for memorizing the Al-Qur’an, a gadget addiction scale, and a discipline scale in memorizing the Al-Qur’an. The results of this research show that there is a significant simultaneous influence of gadget and discipline in memorizing the Al-Qur’an on the achievement of memorizing the Al-Qur’an with a significance value of 0,000 and an effective contribution of 89,3%, there is a very significant partial influence between gadget addiction on the achievement of memorizing the Al-Qur’an with a significance value of 0,000, and there is a partially significant influence between discipline in memorizing the Al-Qur’an on the achievement of memorizing the Al-Qur’an with a significance value of 0,034.
Keywords: achievement in memorizing the Al-Qur’an, gadget addiction, and discipline in memorizing the Al-Qur’an.

ABSTRAK:
Prestasi hafalan Al-Qur’an memberikan banyak manfaat diantaranya untuk secara psikologis dapat meningkatkan konsentrasi serta dapat membentuk disiplin diri sedangkan secara agama dapat memiliki do’a yang mujarab atau manjur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecanduan gadget dan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Nurul Husain Tanggir Singgahan Tuban. Populasi penelitian ini sebanyak 114 santri dan sampel penelitian sebanyak 114 santri. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Instrumen pada penelitian ini mencakup tes prestasi hafalan Al-Qur’an, skala kecanduan gadget, dan skala kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an. Hasil penelitian ini memperlihatkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan kecanduan gadget dan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebanyak 89,3%, terdapat pengaruh sangat signifikan secara parsial antara kecanduan gadget terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an dengan nilai signifikasi 0,000, serta terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an dengan nilai signifikasi 0,034.
Kata Kunci: prestasi hafalan Al-Qur’an, kecanduan gadget, dan kedisiplinan dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi santri; Hafalan Al-Qur’an; Kecanduan gadget; Kedisiplinan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:05
Last Modified: 29 Jul 2025 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics