Efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Wafa di Rutaba (Rumah Tahfidz Balita)

Munawaroh, Wahyu Esa Zahrotul (2024) Efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Wafa di Rutaba (Rumah Tahfidz Balita). Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). ISSN 2723-6390 (Submitted)

[thumbnail of Skripsi_2103106015_Wahyu Esa Zahrotul_Full] Text (Skripsi_2103106015_Wahyu Esa Zahrotul_Full)
Skripsi_2103106015_Wahyu Esa Zahrotul_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode wafa terhadap kemudahan anak dalam menghafal huruf hijaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yakni data yang disajikan berupa non numerik yakni bkan berupa angka melainkan mendeskripsikan hasil dari pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi menggunakan sumber penelitian terdahulu yang relevan. Pembelajaran wafa di TK It Robbani meliputi perencanaan pembalajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas dari penggunaan metode wafa yakni anak dapat menghafal huruf hijaiyah dengan cepat. Terbukti bahwa 80% yakni 10 dari 13 anak di TK RuTaba dapat menghafal hijaiyah dengan cepat. Dalam pelaksaan menghafal Quran RuTaba juga menerapkan metode Tabarroq sebagai metode hafalan surat. Salah satu kelebihan metode wafa ini dibandingkan metode lainnya yakni metode yang mudah dan menyenangkan sehingga tidak membuat anak cepat bosan. Selain itu efek lainnya yang didapat adalah dapat meningkatkan aspek kecerdasan anak yakni aspek kognitif, bahasa dan seni. Dari hasil penelitian tersebut ustadzah memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran wafa ini terkait perencanaan, Pelaksanan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran karna berhasilnya proses pembelajaran wafa adalah karena ustadzah berkompeten yang menguasai strategi pembalajaran dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Wafa; Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:26
Last Modified: 13 Oct 2025 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics