Manajemen pendidikan literasi di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Tingkat Aliyah
Harish, Abdullah (2024) Manajemen pendidikan literasi di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Tingkat Aliyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2103038001_ABDULLAH HARISH_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2103038001_ABDULLAH HARISH_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan utama: bagaimana manajemen pendidikan literasi di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo tingkat Aliyah diimplementasikan? dan bagaimana implikasinya dalam meningkatkan literasi di madrasah tersebut?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Data dianalisis menggunakan pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian telah menunjukkan bahwasannya: (1) Manajemen pendidikan literasi di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo tingkat Aliyah telah melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi dengan efektif. Pendekatan ini memastikan program literasi berjalan sesuai rencana, terkoordinasi, konsisten, dan dievaluasi untuk meningkatkan kemampuan literasi santri dalam berbagai aspek. (2) Manajemen pendidikan literasi di madrasah ini telah meningkatkan literasi siswa, terutama dalam literasi dasar, media, dan budaya. Program ini berhasil meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan menganalisis santri. Selain itu, literasi media meningkat melalui kursus jurnalistik dan penyediaan mading serta koran. Literasi budaya juga meningkat melalui kewajiban memahami makna pegon pada kitab. Dengan demikian, Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo tingkat Aliyah tidak hanya mencapai tujuan pendidikan literasinya, tetapi juga berkontribusi signifikan dalam membentuk santri yang kompeten dan berdaya saing di era informasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pendidikan; Literasi; Madrasah; Pesantren |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27105 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year