Strategi digital marketing dalam meningkatkan school branding di MI Taufiqiyah Semarang
Maslahah, Maslahah (2023) Strategi digital marketing dalam meningkatkan school branding di MI Taufiqiyah Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2203038004_Maslahah_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2203038004_Maslahah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Strategi Digital marketing menjadi cara yang paling efektif di era digital ini untuk mempromosikan produk atau jasa. Demikian halnya dalam dunia pendidikan, digital marketing dapat digunakan untuk meningkatkan branding sebuah lembaga pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah strategi digital marketing dalam meningkatkan school branding di MI Taufiqiyah Semarang; (2) bagaimana implikasi digital marketing dalam meningkatkan school branding di MI Taufiqiyah Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi digital marketing di MI Taufiqiyah Semarang melalui dimensi (atrafizz) (a) traffic. strategi media sosial yang dimiliki sekolah sudah dijalankan dan dikelola dengan baik terlihat dari traffic media sosial yang dimiliki sekolah seperti instagram, tiktok, youtube dan website. (b) coversion. Pengelolaan konversi yang dilakukan oleh tim digital marketing sekolah telah mencapai dimensi keberhasilan dalam mengubah pengunjung media sosial sekolah menjadi pelanggan jasa pendidikan. (c) engagement. keberhasilan sekolah dalam kegiatan engagement dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti menjaga komunikasi, memberikan pelayanan secara personal, serta mengelola setiap aktivitas sekolah ke media sosial sehingga terbentuk interaksi yang menghasilkan kepercayaan, loyalitas dan afinitas yang tinggi pada masyarakat. (2) Implikasi digital marketing dalam meningkatkan school branding di MI Taufiqiyah Semarang adalah (a) semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. (b) meningkatkanya kemampuan sekolah dalam mempromosikan keunggulan dan citra madrasah. (c) Memberikan dampak positif bagi perkembangan madrasah yang salah satunya adalah adanya kemudahan akses dengan teknologi informasi. (d) meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendanaan, tenaga maupun partisipasi dalam pemikiran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital marketing; School branding |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27108 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year