Pengaruh motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik pada peserta didik MAN 1 Jepara
Rafli, Muhammad Akmal (2024) Pengaruh motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik pada peserta didik MAN 1 Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2007016098_Muhammad_Akmal_Rafli]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2007016098_Muhammad_Akmal_Rafli.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional termasuk dalam faktor pribadi yang dapat memengaruhi kecemasan akademik. Kecemasan akademik merupakan perasaan khawatir, tegang, takut dan tidak tenang yang disebabkan karena ketidakyakinan terhadap kemampuan diri individu dalam melaksanakan atau menyelesaikan tugas akademik yang mengakibatkan kesulitan dalam berkonsentrasi, terganggunya pola pemikiran, terganggunya respon fisik dan perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik pada peserta didik MAN 1 Jepara. Sampel penelitian ini terdiri dari 224 peserta didik MAN 1 Jepara. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan mencakup tiga skala yaitu skala motivasi berprestasi, skala kecerdasan emosional dan skala kecemasan akademik. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kecemasan akademik dengan pengaruh sebesar -0,271 dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kecemasan akademik dengan pengaruh -0,175 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecemasan akademik dengan presentase pengaruh 70,2% dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik pada peserta didik MAN 1 Jepara. Hasil penelitian ini ditujukan utamanya untuk peserta didik agar dapat membantu permasalahan yang dialami mengenai kecemasan akademik dengan menambah wawasan mengenai motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional.
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi; Kecerdasan Emosional; Kecemasan Akademik
ABSTRACT:
Academic anxiety is a feeling of worry, tension, fear and uneasiness caused by uncertainty about the individual's ability to carry out or complete academic tasks which results in difficulty in concentrating, disruption of thought patterns, disruption of physical responses and individual behavior. This study aims to empirically examine the effect of achievement motivation and emotional intelligence on academic anxiety in MAN 1 Jepara students. The sample of this study consisted of 224 MAN 1 Jepara students. The method in this study uses a quantitative approach with simple random sampling technique. The measuring instrument used includes three scales, namely the achievement motivation scale, emotional intelligence scale and academic anxiety scale. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is an effect of achievement motivation on academic anxiety with an effect of -0.271 and a significance value of 0.000 <0.05. Emotional intelligence has a significant effect on academic anxiety with an effect of -0.175 and a significance value of 0.000 <0.05. Meanwhile, achievement motivation and emotional intelligence simultaneously have a significant effect on academic anxiety with a percentage effect of 70.2% and a significance value of 0.000 <0.05. The conclusion of this study is that there is a significant effect of achievement motivation and emotional intelligence on academic anxiety in MAN 1 Jepara students.
Keywords : Achievement Motivation; Emotional Intelligence; Academic Anxiety
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi berprestasi; Kecerdasan emosional; Kecemasan akademik; Siswa MAN |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27113 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year