Manajemen budaya literasi dalam menguatkan brand image Pondok Pesantren Wali Candirejo, Tuntang, Semarang

Romadhonah, Indah Siti (2024) Manajemen budaya literasi dalam menguatkan brand image Pondok Pesantren Wali Candirejo, Tuntang, Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2203038007_INDAH SITI ROMADHONAH_Full] Text (Tesis_2203038007_INDAH SITI ROMADHONAH_Full)
Tesis_2203038007_INDAH SITI ROMADHONAH_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Problematika literasi yang belum banyak menjadi budaya di kalangan santri ditambah dengan kemudahan akses informasi memberikan dampak serius apabila santri tidak dibekali dengan kemampuan literasi yang cukup. Dengan ini pesantren perlu memberikan bekal lebih kepada santrinya. Studi ini mengkaji tentang: (1) Bagaimana manajemen budaya literasi dalam menguatkan brand image di pondok pesantren WALI? (2) Bagaimana implikasi manajemen budaya literasi dalam menguatkan brand image pondok pesantren WALI?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di pondok pesantren WALI, Candirejo, Tuntang, Semarang. Sumber data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa (1) Manajemen budaya literasi yang dilakukan oleh pondok pesantren WALI yaitu: (a) Perencanaan: penentuan tujuan, membentuk tim dan program pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. (b) Pelaksanaan: implementasi program pembiasaan dan pengembangan, dan membuat kegiatan insidental. (c) Evaluasi: kegiatan budaya literasi di evaluasi melalui program kegiatan. (2) Implikasi manajemen budaya literasi yaitu: (a) Penyediaan sarana prasarana. (b) Memilih sumber daya manusia yang kompeten. (c) Membentuk lingkungan yang mendukung. Pondok pesantren WALI mengutamakan pada kajian keislaman dengan memfokuskan pada literasi bahasa (baca dan tulis) dan literasi media, sehingga program kegiatan yang dibentuk mengarah pada kajian keislaman. Penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam pengelolaan manajemen budaya literasi di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Brand image; Manajemen; Budaya literasi; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:50
Last Modified: 30 Jul 2025 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics