Manajemen life skill pendidikan agama Islam di MA Al-Azzam Gunung Pati Kota Semarang

Rosyada, Amrina (2024) Manajemen life skill pendidikan agama Islam di MA Al-Azzam Gunung Pati Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2203038010_Amrina_Rosyada_Lengkap] Text (Tesis_2203038010_Amrina_Rosyada_Lengkap)
Tesis_2203038010_Amrina_Rosyada_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam harus mendesain lingkungan pendidikan yang kondusif dan menjawab tantangan zaman. Peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam perlu di bekali dengan life skill, yang secara integratif memadukan kecakapan generik (personal dan sosial) dan spesifik (akademik dan vokasional) guna memecahkan dan mengatasi problema dalam pembelajaran Pendidikan agama. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara atau interview dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi manajemen life skill Pendidikan Agama Islam di MA Al-Azzam Gunung Pati Kota Semarang dilakukan melalui empat tahap yaitu pertama, perencanaan dengan merencanakan peserta didik baru, membuat perencanaan harian ditekankan pada setiap pengajar itu memiliki buku persiapan pembelajaran life skill merencanakan program-program life skill. Kedua pengorganisasian yang didasarkan pada struktur madrasah dan pesantren. Ketiga pengaktualisasian yang berupa pembimbingan, motivasi dan supervisi yang dilakukan pengasuh dan kepala madrasah dalam melaksanakan program life skill. Keempat Pengawasan dilakukan pengasuh dan kepala madrasah terhadap kinerja SDM yang ada dan pengawasan juga dilakukan guru terhadap setiap harinya melalui laporan dari ketua kamar, pengasuhan, yang akhirnya diterima oleh kepala madrasah dan pengasuh. 2) Implikasi manajemen life skill Pendidikan Agama Islam bagi kemampuan agama peserta didik mengarah pada, pertama menjadikan peserta didik dapat menghafal al-Qur’an dengan baik dan benar, menjadi genarasi tahfid bahkan pada akhirnya dari hafalan tersebut peserta didik tidak hanya menghafal saja, namun dapat memahami arti dari ayat yang dihafalkannya dan dapat digunakan untuk berdakwah, kedua peserta didik juga memiliki kemampuan dalam memahmi materi ibadah dan mempraktikknya dengan benar dalam kehidupan sehari-harinya, ketiga peserta didik juga memiliki kemampuan menginternalisasi nilai-nilai ajaran Islam terutama pembentukan akhlakul karimah, keempat peserta didik memiliki kemampuan menjadi da’i yang nantinya akan mendakwakan ajaran Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Life skill; Pendidikan agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:48
Last Modified: 30 Jul 2025 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27124

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics