Manajemen pengembangan karakter rahmatan lil ‘alamin pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal

Apriliani, Devi Renita (2024) Manajemen pengembangan karakter rahmatan lil ‘alamin pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2203038011_Devi Renita Apriliani_Full] Text (Tesis_2203038011_Devi Renita Apriliani_Full)
Tesis_2203038011_Devi Renita Apriliani_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Profil pelajar rahmatan lil ‘alamin adalah pembentukan karakter yang merupakan upaya pemerintah melalui pengembangan kurikulum yang saat ini dikenal dengan kurikulum merdeka, PPRA juga merupakan gambaran ideal dari profil pelajar Pancasila di madrasah yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sesuai dengan kekhasan kompetensi keagamaan di madrasah. PPRA memiliki 10 nilai karakter diantaranya: berkeadaban (ta’addub), keteladan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwathonah), mengambil jalan tengah (tawassut), berimbang (tawazun), lurus dan tegas (i’tidal), kesetaraan (musawah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh), dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimana manajemen projek profil pelajar rahmatan lil’alamin di MAN 1 Tegal ? kemudian bagaimana dampak projek profil pelajar rahmatan lil ‘alamin pada pengembangan karakter peserta didik di MAN 1 Tegal ?”. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal yang terletak di tengah-tengah lingkungan pesantren Babakan Lebaksiu Tegal, jenis penelitian ini kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa projek profil pelajar rahmatan lil ‘alamin berdampak pada pengembangan karakter peserta didik di MAN 1 tegal. Hal ini tidak terlepas dari manajemen pelaksaan projek PPRA dan kinerja tim fasilitator yang mampu mengembangkan pembelajaran berbasis projek hingga projek terlaksana dengan sistem blok. Dari 10 indikator terdapat 9 indikator yang sudah tertaman setelah pelaksaan projek PPRA, adapun 1 indikator yang belum bisa sepenuhnya tertanam dalam diri peserta didik adalah keteladanan (qudwah), dikarenakan standar qudwah menurut buku panduan P52RA Kementrian Agama adalah menjadi teladan bagi lingkungan sekitar, sedangkan peserta didik sendiri masih belajar meneladani akhlak dari pendidik/guru, maka dianggap wajar jika peserta didik menemui kesalahan ketika menjadi leader/role model.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Karakter; Profil pelajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jul 2025 08:15
Last Modified: 30 Jul 2025 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics