Pengaruh hardiness dan dukungan sosial terhadap academic burnout pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Akbar, Mochammad Fahrezi (2024) Pengaruh hardiness dan dukungan sosial terhadap academic burnout pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2007016147_Mochammad_Fahrezi_Akbar]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2007016147_Mochammad_Fahrezi_Akbar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
This research aims to determine whether there is an influence of hardiness and social support on academic burnout in students of the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Dian Nuswantoro University, Semarang. The method used in this research uses quantitative research methods with a total of 248 students as subjects. The sampling method in this research uses accidental sampling with a Non-Probability sampling technique. The measuring instruments used in this research are the academic burnout scale, hardiness scale, and social support scale. The analysis used in this research uses multiple linear regression analysis techniques with SPSS version 29 for Windows. The results of this research show that there is a significant influence of hardiness and social support on academic burnout in students of the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Dian Nuswantoro University, Semarang with a significance value of 0.001 (p<0.05), with a coefficient of determination of 0.800, which means There is an influence of hardiness and social support on academic burnout in Management Study Program students, Faculty of Economics and Business, Dian Nuswantoro University, Semarang with a percentage of 80%. The results of this research can be useful for developing hardiness and increasing social support in the campus environment, which can be an effective strategy for reducing the risk of academic burnout. Educational institutions can consider holding programs to increase mental resilience such as counseling services and creating a social environment that supports the academic process, both from fellow students, lecturers and academic staff. In this way, it is hoped that students will be able to better manage academic pressure, improve psychological well-being, and maintain optimal academic performance.
Keywords: Hardiness, Social support, Academic burnout
ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hardiness dan dukungan sosial terhadap academic burnout pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 248 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis accidental sampling dengan teknik Non-Probability sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala academic burnout, skala hardiness, dan skala dukungan sosial. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 29 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari hardiness dan dukungan sosial terhadap academic burnout pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05), dalam koefisien determinasi sebesar 0,800 yang artinya terdapat pengaruh hardiness dan dukungan sosial terhadap academic burnout pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro dengan persentase sebesar 80%. hasil pada penelitian ini dapat berguna untuk pengembangan hardiness dan peningkatan dukungan sosial di lingkungan kampus dapat menjadi strategi efektif untuk mengurangi risiko terjadinya academic burnout. Institusi pendidikan dapat mempertimbangkan untuk mengadakan program peningkatan ketahanan mental seperti layanan konseling serta menciptakan lingkungan sosial yang mendukung proses akademik, baik dari sesama mahasiswa, dosen, maupun staf akademik. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat lebih mampu mengelola tekanan akademik secara lebih baik, meningkatkan kesejahteraan psikologis, dan mempertahankan performa akademis yang optimal.
Kata Kunci: Hardiness, Dukungan sosial, Academic burnout
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hardiness; Dukungan sosial; Academic burnout; Mahasiswa |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:21 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27150 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year