Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pembelajaran studi situs di MTs NU Ungaran dan MTs Al-Uswah Bergas Kabupaten Semarang

Nasrullah, Khoirudin (2024) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pembelajaran studi situs di MTs NU Ungaran dan MTs Al-Uswah Bergas Kabupaten Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2203038014_KHOIRUDIN NASRULLAH_FULL] Text (Tesis_2203038014_KHOIRUDIN NASRULLAH_FULL)
Tesis_2203038014_KHOIRUDIN NASRULLAH_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pada prinsipnya, kepemimpinan kepala madrasah menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan mutu pembelajaran yang dilakukan. Kepemimpinan kepala madrasah akan memberikan dampak positif jika diterapkan sesuai dengan aturan. Kepala madrasah sebagai pemimpin harus mampu untuk ikut serta mengembangkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru di madrasah. Oleh karenanya, tujuan penelitian ialah mengetahui secara mendalam kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs NU Ungaran dan MTs Al-Uswah Bergas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru yang mengajar dan peserta didik. Secara garis besar, pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian mengungkapkan bahwa kepemimpinan yang dilaksanakan di MTs NU Ungaran dalam mengembangkan mutu pembelajaran yaitu terdapat sebanyak lima belas strategi kepemimpinan kepala MTs NU Ungaran dalam mengembangkan mutu membelajaran. Pada MTs Al-Uswah Bergas terdapat sebanyak tiga belas strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu membelajaran. Terdapat perbedaan yang terjadi dalam upaya kepemimpinan kepala madrasah yaitu lima perbedaan. Ada pula persamaan yang terjadi dalam kepemimpinan kepala madrasah untuk mengembangkan mutu pembelajaran yaitu delapan persamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala madrasah; Mutu pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:44
Last Modified: 07 Aug 2025 01:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics