Manajemen program penguatan pendidikan karakter berbasis kegiatan kokurikuler di SMP Islam Tugasku Jakarta Timur
Alfatah, Muhammad Rifqi (2024) Manajemen program penguatan pendidikan karakter berbasis kegiatan kokurikuler di SMP Islam Tugasku Jakarta Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2203038020_Muhammad Rifqi Alfatah_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2203038020_Muhammad Rifqi Alfatah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam kemajuan sebuah negara, terutama sebagai pembentukan karater. Namun, saat ini perhatian terhadap penguatan pendidikan karakter di lembaga pendidikan terkhusus Indonesia masih kurang. Banyak peserta didik yang melanggar norma, salah satunya seperti bullying dan kekerasan fisik. Permasalahan ini merupakan hal serius yang harus ditangani. Kerjasama antar pendidik, tenaga kependidikan, warga sekolah, masyarakat, dan orang tua harus kuat dan saling koordinasi.
Penelitian ini dimaksud untuk menjawab pertanyaan atas permasalahan yang terjadi, dimulai dari: (1) Bagaimana Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kegiatan Kokurikuler di SMP Islam Tugasku Jakarta Timur? (2) Bagaimana Implikasi Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kegiatan Kokurikuler di SMP Islam Tugasku Jakarta Timur terhadap Karakter Peserta Didik? Sedangkan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik, Selanjutnya, analis data memakai model Miles Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitann menunjukan bahwa pengelolaan Program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kegiatan Kokurikuler di SMP Islam Tugasku Jakarta Timur meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan. Dalam Implementasinya menggunakan strategi Total Quality Management dengan langkah-langkah merumuskan visi, misi dan tujuan, menetapkan standar mutu dan jaminan mutu, Menciptakan, Kultur atau Budaya Sekolah, Melakukan Perubahan Organisasi, dan Mempertahankan Hubungan dengan pelanggan. Sehingga menghasilkan nilai karakter yang dapat di internalisasikan dan di kuatkan terhadap peserta didik, yaitu Nilai Religius, Nilai Mandiri dan Nilai Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan karakter; Kegiatan kokurikuler |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369 |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27178 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year