Manajemen kemitraan dalam program excellent english camp di MAN 1 Indragiri Hilir
Azhar, Muhammad (2024) Manajemen kemitraan dalam program excellent english camp di MAN 1 Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2203038025_Muhammad Azhar_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2203038025_Muhammad Azhar_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kemitraan dan implikasinya dalam program Excellent English Camp di MAN 1 Indragiri Hilir. Penelitian ini menerapkan metodologi kualitatif dan mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui tahapan seleksi data, pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) manajemen kemitraan dalam program Excellent English Camp di MAN 1 Indragiri Hilir; Dalam perencanaan program menunjukkan bahwa analisis kebutuhan yang komprehensif, penetapan tujuan yang jelas dan spesifik, serta strategi pengembangan program yang baik. Dalam tahap organizing menunjukkan bahwa pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas serta pengelolaan sumber daya yang efektif, termasuk kolaborasi antara kepala madrasah, guru, dan tutor eksternal. Dalam tahap actuating menyoroti pentingnya motivasi dan pembelajaran kolaboratif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam tahap controlling, evaluasi dan penanganan masalah menjadi kunci untuk menilai dan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan relevansi program Excellent English Camp di MAN 1 Indragiri Hilir.; (2) Implikasi manajemen kemitraan dalam program Excellent English Camp di MAN 1 Indragiri Hilir; Meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa, mencakup kemampuan listening, speaking, reading, dan writing. Melalui kolaborasi antara kepala madrasah, guru, dan tutor eksternal, serta metode pembelajaran yang interaktif, siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbahasa Inggris. Selain itu meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa secara signifikan. Dukungan dari guru, tutor eksternal, dan metode pembelajaran yang komprehensif memperkuat kemampuan kognitif dan bahasa Inggris siswa. Hal ini menunjukkan bahwa program tersebut efektif dalam mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kemitraan; Excellent english camp |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 05:58 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 05:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27187 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year