Pendidikan Islam berbasis gender di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Salatiga

Zakiya, Laily Nur (2024) Pendidikan Islam berbasis gender di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Salatiga. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2103018015-LAILY NUR ZAKIYA-FULL] Text (Tesis_2103018015-LAILY NUR ZAKIYA-FULL)
Tesis_2103018015-LAILY NUR ZAKIYA-FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Studi Pendidikan Islam dalam bingkai Pondok Pesantren lebih banyak berbicara tentang moderasi dan bulliying, sedikit yang mengkaitkan dengan diskursus gender. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan Islam berbasis gender dan implikasinya di Pondok Pesantren. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang dilakukan di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Salatiga melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan live in bersama santri sebagai proses penggalian datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis gender di PPTI Al Falah Salatiga diimplementasikan dalam empat komponen yang mencakup materi pembelajaran, pengasuh atau ustadz ustadzah, metode, serta evaluasi pembelajaran. Kedua, dalam prosesnya ketika pembelajaran menekankan pada nilai-nilai keadilan gender. Ketiga, Implikasi Pendidikan Islam Berbasis Gender di PPTI Al Falah Salatiga terhadap
akses, partisipasi, dan kontrol yang sama .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Gender; Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:55
Last Modified: 14 Aug 2025 04:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27274

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics