Pembentukan resiliensi peserta didik dalam pendidikan agama Islam di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Ngaliyan Semarang

Hikmah, Naeli Nur (2023) Pembentukan resiliensi peserta didik dalam pendidikan agama Islam di SD Inklusi Suryo Bimo Kresno Ngaliyan Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2103018016_Naeli Nur Hikmah_Full] Text (Tesis_2103018016_Naeli Nur Hikmah_Full)
Tesis_2103018016_Naeli Nur Hikmah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ketahanan mental (resiliensi) merupakan potensi yang sangat penting bagi semua individu termasuk anak-anak, meningkatnya kasus depresi, stress, di kalangan peserta didik menandakan bahwa generasi sekarang memiliki ketahanan mental yang lemah. Maka pendidikan harus sigap menangani hal ini, salah satunya dengan membentuk resiliensi melalui pendidikan agama islam. Karena di dalam agama terdapat fungsi memberikan terapi psikologis dalam jiwa manusia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana proses pembentukan resiliensi peserta didik dalam pendidikan agama islam dan hasilnya serta implikasinya terhadap resiliensi peserta didik dan proses pembelajaran.
Permasalahan ini dibahas melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam membentuk resiliensi peserta didik, yaitu dengan pendidikan agama islam, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dengan kegiatan-kegiatan diluar kelas, serta memaksimalkan peran guru. Dengan strategi tersebut peserta didik mempunyai resiliensi yang baik, Dengan kondisi resiliensi peserta didik yang baik, maka sangat menunjang proses pembelajaran. Peserta didik yang resilien lebih percaya diri, mampu merumuskan tujuan, berpikir positif dan dapat mengelola emosi dan stress. Peserta didik juga tidak hanya memahami materi PAI tetapi sudah dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan memperkuat kecerdasan spiritual, sehingga akan menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Aug 2025 05:41
Last Modified: 14 Aug 2025 05:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics