Internalisasi nilai-nilai humanis religius dalam membentuk karakter melalui P5 di SD IT Cahaya Bangsa Mijen Semarang
Pujakesuma, Dhira Syafira (2024) Internalisasi nilai-nilai humanis religius dalam membentuk karakter melalui P5 di SD IT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2203018004_Dhira Syafira Pujakesuma_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2203018004_Dhira Syafira Pujakesuma_Lengkap.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penerapan nilai-nilai humanis religius dalam pendidikan merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter siswa. Melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), nilai-nilai ini diinternalisasikan untuk menciptakan siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan religius. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana proses dan metode internalisasi nilai-nilai humanis religius dalam membentuk karakter melalui kegiatan P5 di SD IT Cahaya Bangsa Semarang? (2) Bagaimana nilai-nilai humanis religius yang diinternalisasikan dalam membentuk karakter melalui kegiatan P5 di SD IT Cahaya Bangsa Semarang (3) Bagaimana hasil karakter dalam internalisasi nilai-nilai humanis religius melalui kegiatan P5 di SD IT Cahaya Bangsa Mijen Semarang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai humanis religius melalui P5 di sekolah dilakukan secara sistematis dan terencana. Proses ini melibatkan berbagai aktivitas yang mendukung pembentukan karakter siswa, seperti diskusi kelompok, kegiatan keagamaan, dan proyek sosial. Dampak dari internalisasi ini terlihat dalam peningkatan perilaku positif siswa, seperti kejujuran, empati, dan tanggung jawab. Siswa menjadi lebih sadar akan nilai-nilai moral dan etika serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humanis religious; Karakter; Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27309 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year