Efektivitas model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa

Falah, Ahmad Yusril (2024) Efektivitas model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056001_Ahmad Yusril Falah_Lengkap] Text (Skripsi_1708056001_Ahmad Yusril Falah_Lengkap)
Skripsi_1708056001_Ahmad Yusril Falah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X MA Maslakul Huda Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran somatis, auditori, visual, intelektual (SAVI) efektif terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X MA Maslakul Huda Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah the randomized posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 kelas X MA Maslakul Huda Lamongan tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan sampel yang didapatkan dengan metode cluster random sampling adalah kelas X-E3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Berdasarkan uji perbedaan rata-rata tahap akhir kemampuan representasi matematis menggunakan uji t pihak kanan diperoleh thitung = 5,689 dan ttabel =1.697 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dari siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Berdasarkan uji perbedaan rata-rata tahap akhir disposisi matematis menggunakan uji t pihak kanan diperoleh diperoleh thitung = 2,976 dan ttabel =1.697 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dari siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI efektif terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri kelas X MA Maslakul Huda Lamongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis; Disposisi matematis; Model Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:38
Last Modified: 27 Aug 2025 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics